KUMPULAN DARI BEBERAPA SOLUSI

BELAJARLAH BUKAN SAMPAI KAMU PINTAR ,TETAPI BELAJARLAH SUPAYA KAMU TIDAK DI BODOHI ORANG PINTAR

cara mengatasi hp android macet/hang

 Hp android merupakan salah satu ponsel yang laris manis dipasaran. Ada banyak sekali jenis, ragam, tipe, spesifikasi yang dikeluarkan guna memanjakan para konsumen gadget di seluruh dunia. Akan tetapi permasalahan yang sering muncul selama penggunaan ponsel pintar tersebut adalah bagaimana cara mengatasi hp android yang eror? bagaimana mengatasi kinerja android yang lambat? bagaimana mengatasi hp android yang mudah hang ? dan masih banyak pertanyaan sejenis yang membuat orang ingin mengetahui solusi terbaiknya agar kinerja dari ponsel kembali optimal.
Robot, Android, Kecerdasan Buatan, Ai


Pada dasarnya, terjadinya eror ataupun kinerja ponsel menjadi lambat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja terlalu banyak aplikasi yang di instal sehingga menghabiskan terlalu banyak memori RAM, atau bisa juga karena spesifikasi yang terbatas dari ponsel android itu sendiri. Efek yang biasa dirasakan adalah booting ponsel menjadi lambat, kinerja processor semakin menurun, terjadi eror atau hang saat membuka aplikasi android, nge-Lag, Hp tiba-tiba mati dan masih banyak lainnya. Dengan sederet permasalahan tersebut pastinya akan membuat kita sebagai pengguna merasa kesal, terlebih lagi jika kita sedang melakukan aktivitas penting menggunakan android dan ternyata ponsel kita tiba-tiba eror dan mati. Nah, atas dasar tersebut saya akan memberikan tips kepada kalian cara mengatasi hp android yang eror atau lambat dengan solusi yang tepat.

Berikut cara mengatasi hp android yang eror dan lambat dengan cepat

  1. Menghapus Cache pada memori internal secara rutin.
Memori cache merupakan sebuah memori yang berguna untuk menyimpan data secara sementara untuk setiap data dari masing-masing aplikasi yang berjalan di perangkat android kita. Adapun keberadaan dari memori ini akan terus bertambah dan semakin bertambah seiring banyaknya aplikasi yang digunakan. Padahal memori yang di ambil sebagai penyimpanan tersebut adalah memori internal. Alhasil hp android kita akan terasa sangat lambat dan tak jarang pula ketika hp digunakan tiba-tiba erorJadi upayakan untuk selalu mengontrol dan menghapus data cache aplikasi, khususnya yang memakan banyak memori. Caranya mengatasi hp android yang eror dengan masuk ke pengaturan > pilih Aplikasi > lalu cek satu persatu aplikasi yang memakan banyak memori > kemudian kita Hapus Cache.
  1. Jangan melakukan multitasking aplikasi secara berlebihan.
Seperti yang kita tahu bahwa para pengguna andorid kebanyakan akan menginstal banyak sekali aplikasi untuk berbagai macam kebutuhan. Namun tahukan anda jika menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu itu bisa membuat hp kita eror dan lambat. Jadi pernyataan tersebut benar adaya, Processor hp kita memiliki kapasitas kinerja yang apabila dipaksa bekerja terlalu berat tentunya akan terjadi eror atau nge-Lag.  Selain itu ponsel juga akan semakin lambat bekerja akibat menurunnya performa kecepatan sebuah RAM. Itulah mengapa para pengguna hp android disarankan untuk tidak menjalankan berbagai macam aplikasi dalam satu waktu. Jadi upayakan untuk tidak menjalankan banyak aplikasi bersamaan, terlebih lagi jika anda sedang bermain game-game android.
  1. Mengosongkan memori internal dan Menginstal aplikasi di memori Eksternal
Biasanya saat kita menginstal berbagai macam aplikasi di android, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan di instal di memori internal. Nah, inilah yang membuat memori internal ponsel menjadi habis dan menyebabkan ponsel kerap bermasalah. Muai dari ponsel menjadi lambat, ponsel berhenti bekerja dengan tiba-tiba, terjadi eror saat menjalankan aplikasi dan sebagainya. Nah, untuk mengatasi hp android yang eror dan lambat salah satunya bisa dengan memindahkan tempat instalasi aplikasi, apabila sebelumnya di memori internal, lalu kita atur dan dipindahkan ke memori eksternal. Dengan begitu memori internal bisa dioptimalkan untuk kinerja ponsel.
  1. Menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan
Terkadang kebiasaan kita setelah menggunakan suatu aplikasi pada hp android adalah lupa untuk menutupnya, rata pengguna hanya meminimize saja. Kebiasaan lupa menutup tersebut tentu memiliki efek terhadap kinerja dari ponsel android. Kinerjanya akan semakin melemah, terlebih lagi jika kita menjalankan banyak aplikasi. Untuk itu upayakan untuk selalu menutup aplikasi apabila kita sudah tidak memakainya lagi. Hal kecil ini bisa menjadi salah satu cara untukmenjadikan hp eror dan lambat.
  1. Mengupdate sistem firmware android secara rutin
Sebuah sistem operasi yang berjalan pada sebuah ponsel terkadang tidak selamanya sempurna, biasanya masih ditemukan bug di sana-sini ataupun terjadi eror pada sistem memang wajar dan permasalahan tersebut biasanya juga dijumpai pada ponsel berbasis android. Cara mengatasi hp android yang eror tersebut bisa dengan melakukan update firmware ke versi yang terbaru. Jadi dengan dilakukannya update firmware tersebut, sebuah ponsel akan terasa lebih lancar, aman dari serangan virus dan juga bekerja lebih optimal. Adapun cara mengatasi hp android yang eror anda bisa masuk ke pengaturan > kemudian pilih tentang ponsel > lalu perbarui sistem > instal update firmware terbaru.
  1. Me-restart ponsel
Apabila sudah terjadi eror pada ponsel dan tiba-tiba ponsel berhenti bekerja, pastinya kita tidak bisa melakukan apa-apa kecuali me-restart hp android tersebut. Cara mengatasi hp android yang eror tersebut memang menjadi solusi utama apabila terjadi hal serupa. Pasalnya semua tombol ataupun menu biasanya sudah tidak berfungsi apabila ponsel kita sudah mengalami eror. Biasanya dengan melakukan restart maka ponsel akan berjalan seperti semula.
  1. hindari penggunaan menu auto-rotate
Fitur ini biasa digunakan khususnya untuk hp android dengan ukuran layar yang lebar. Meskipun auto-rotate akan membuat sebuah tampilan terlihat lebih bagus, akan tetapi jika kita tanpa sengaja selalu mengubah posisi layar secara terus menerus maka ponsel kita akan mengalami eror. Processor akan bekerja lebih ekstra untuk mengubah posisi layar secara terus menerus. Oleh karena itu boleh saja mengguna fitur tersebut apabila dirasa memang diperlukan, tapi jika tidak ada baiknya fitur auto-rotate (putar) dimatikan saja.
  1. Reset ulang ponsel android
Cara mengatasi hp android yang eror dan sering kali macet ataupun bekerja sangat lambat, sepertinya anda memang harus melakukan restart ulang hp. Menu bawaan tersebut memang sengaja disediakan untuk menangani kasus serupa. Dengan begitu ponsel anda akan seperti baru lagi. Manfaatnya pun memori internal anda akan tersisa lebih banyak, tidak ada aplikasi yang memberatkan sistem, kinerja processor akan kembali seperti semula dan pastinya kita tidak akan mengalami masalah seperti hp eror atau lambat lagi. Adapun cara mengatasi hp android yang eror dengan masuk ke pengaturan > lalu pilih buat cadangan & setel ulang > kemudian pilih kembalikan ke setelan pabrik.





2 comments:

cara mengatasi hp android macet/hang